Catatan Kompilasi : Bi Ratna, Yati, dan …

Sore ini, datang Yani. Seorang gadis kecil berumur 14 tahun dengan niat tulusnya untuk bekerja di rumah karena Bi Ratna udah ngga ada.. Ngga ada lagi di rumah..

Aku pasti akan kangen berat, saat-saat ketika Bi Ratna selalu nawarin kopi. Pagi-siang-bahkan malam, karena Bi Ratna itu maniak kopi berat!

Belum lagi, kalau Bi Ratna beliin aku ice cream rasa raisin dari Alfamart Solontongan tiap malem Minggu. Sebagai jatah dari pacarnya, karena telah mengizinkan Bi Ratna keluar rumah walau sebentar.

Aku pasti akan kangen dengan ocehannya Bi Ratna yang bilang,

“Dasar bocah! Kamu Kak..”

Setiap kali ngeliat aku nahan pipis karena males ke kamar mandi.

Setiap kali aku ninggalin pekerjaan yang belum selesai, hihihihihi maklum anak industri berusaha untuk selalu efisien menggunakan waktu. Ngga bisa diam dan menunggu, jadinya ngerjain hal lain sebagai selingan.

Setiap kali aku nunda-nunda pekerjaan, pasti Bi Ratna bilang,

“Kamu mah hobinya nunda-nunda aja Kak!”

Terus, kalau Bi Ratna masak mie as her favorite menu. Pakai cabe rawit juga kol terus kepedesan sambil marah-marah ngga jelas sendiri 😀 Kebetulan, Bi Ratna itu suka pedes dan suka sambel buatan aku hehehe.. Tapi kadang, aku masukin gula merahnya kebanyakan juga sih. Akhirnya manis kaya sambel rujak 😀

Bi Ratna suka banget bakso tennis yang ada di depan Superindo sebelah rumah (dulu), beli siomaynya kadang sampai 5000. Beli gorengan di Mang Nono pagi-pagi atau bahkan ngebela-belain beli di depan Kartikasari. Beli nangka di Mang Dodo, beli es campur di sebrang rumah, beli nasi goreng juga di sebrang rumah pas malem-malem. Bi Ratna yang ngga suka bawang, bawang merah-bawang putih. Kalau masak yang ada bawangnya pasti aja diulek. Sebenernya Bi Ratna orangnya juga suka males masak gitu, terus minta supaya aku aja yang masak. Pas udah jadi dan ternyata masakanku asin.. Ngoceh lagi deh sambil matanya merem-melek dan ngga diabisin, malah dibuang. Bi Ratna yang ngga suka kue manis-manis..

Bi, kenapa ngga ketemu aku dulu? Kenapa tiba-tiba pergi gitu aja? Bilangnya mau pulang lagi ke sini tapi, kenapa malah keluar dan ngga mau kerja lagi?

Emang, Bibi terjahat itu ya Bi Ratna! Bi Ratna itu tegaan orangnya! Sadis!

Masa setiap kali aku pulang malem, terus ngesms Bi Ratna, Bi Ratnanya sama sekali ngga bales, aku telpon berulang-ulang kali pun ngga juga diangkat. Aku tau maksud Bibi, supaya aku telponnya ke rumah aja kan? Terus yang ngangkat Emah dan akhirnya aku dimarahin..

Aku udah maafin itu semua ko Bi, udah, malah Bi Ratna yang lebih sering buat aku ketawa. Yang kadang-kadang curhat masalah cowok, terus Bi Ratna mengeluarkan kata-kata puitis alias ngegombal. Bi, maaf ya kalau aku sering nyusahin, ngga suka bantuin.. Maaf :’)

Jangan lupa sama aku ya, kalau kangen sms, kalau mau main ya main aja sini ke rumah, oia kalau nikah undang-undang :’)

Aku tahu sekarang kenapa Bibi-Bibi yang kerja di rumah selalu ngebet pingin nikah? Dan aku juga tau sekarang, kalau menahan mereka untuk tidak menkah agar tetap bekerja di rumah itu bukan sikap yang baik. Maaf ya Bi, silakan aja nikah kalau Allah memang telah mempertemukan dengan jodohmu. Meskipun agak berat bilang,

“Ya udah Bi, cepetan sana nikah! Daripada pacaran terus..”

Ini jadi sesi curhatin Bi Ratna :’)

Bi, aku mau jadi Kakak beneran, bukan bocah lagi, dewasa, ngga suka ninggal-ninggalin pekerjaan, nunda-nunda pekerjaan, mau bantu-bantu di rumah, ngga ambekan lagi, ngga nyusahin Emah, Papah, Teh Maya, Teh Ica, insyaAllah Bi.. Doain aku ya :’) Aku juga akan selalu berdoa untuk kebahagiaan Bi Ratna, Amin insyaAllah..

***

Sepertinya, Allah memang sedang merancang sebuah skenario terbaru untukku.

Menjadi seorang Kakak sesungguhnya! Amin :’)

Dengan Adik-Adik mentee lamaku, dengan Adik-Adik ILMI, dengan Adik-Adik di RSPQ, dengan Adik-Adik di Buninagara, dengan Adikku sendiri, dengan Adik asuh #IB, dengan Adik-Adik di kampus,  dan kali ini dengan Adik Yani yang baru saja tiba.

Aku memang merasa, pertemuanku di majelis ilmu bersama kelompok mentoring kemarin kurang maksimal karena satu dan lain sebab. Pertemuanku dengan Adik-Adik ILMI yang juga kurang gereget karena aku sibuk jadi Dankom sejati. Pertemuanku dengan Adik-Adik di RSPQ yang sekarang entah bagaimana kabar mereka? Pertemuan dengan Adik-Adik di Buninagara yang hingga saat ini masih belum aku rapihkan kepingan-kepingan kebahagiaan kami. Pertemuan dengan Adikku sendiri yang malah lebih sering berantem, musuh-musuhan, jauh-jauhan, pura-pura ngga kenal. Pertemuan dengan Adik asuh #IB yang hingga saat ini belum pernah aku utarakan. Pertemuan dengan Adik-Adik seperjuangan di kampus putih biru. Perjuangan dengan Adik Yani, yang insyaAllah mengawali langkah perbaikan diriku ini. Amin..

Baru saja tadi sore aku bilang ke Dhena,

“Masa ia, aku bilang sayang sama Adik-Adik di Buninagara tapi, aku sendiri malah ngga sayang sama Adikku di rumah?”

“Masa ia, aku pingin melihat mereka semua maju (Adik-Adik di Buninagara) tapi, aku sendiri malah ngga berusaha buat memajukan adikku di rumah?”

“Masa ia, aku melakukan banyak hal untuk Adik-Adik di Buninagara tapi, aku ngga melakukan sedikit pun hal bersama Adikku di rumah?”

Ya, memang.. Aku pernah bilang di dalam hati, bilang pada diriku sendiri, dan baru kali ini aku bilang di tempat umum seperti ini..

“Kalau aku sayang sama Eka, ya cara mengutarakannya dengan sayang  juga sama Zaky karena dia Adik aku. Aku ingin berusaha memberikan yang terbaik untuk Zaky seraya memberikan yang terbaik pula untuk Eka..”

Memang begitu indah kenangan bersama dengan Eka dan Adik-Adik Buninagara lainnya :’)

Ya Allah, biarkan aku berjalan di bawah cahaya-Mu agar aku bisa melakukan yang terbaik yang bisa aku lakukan. Untuk-Mu, untuk Adik-Adikku, dan untuk menjadi Kakak yang baik bagi mereka semua. Amin :’)

Tambah satu orang lagi deh yang manggil aku Teteh :’)

Aku mau jelajahi kabut tebal itu, aku mau lebih tahu tentang sosok Yani..

 

Leave a Reply

