Tangan Master

Alhamdulillah di awal puasa kemarin, kami kedatangan penghuni rumah yang baru.

Yaituuu, welcome home Bi Ipah, teret teret cuit cuit yeeey..

Ngeliat Bi Ipah yang ngga lagi mudah tapi semangatnya ngga juga kadaluarsa, jadi inget Bi Unah huhuhu.

Gimana ya? Aku seneng Bi Ipah dateng karena jadinya ada yang bantuin beres-beres rumah.Hmmm jujur deh, aku masih perhitungan kalau bantu-bantu di rumah. Paling seminggu sekali aja, abisnya sok sok-an jadi wanita karir yang sibuk di luar. Ngeliat Emah yang tiap hari pasti aja bersihin ini bersihin itu, keliatannya kaya yang ngga mau diem padahal emang bagus juga jadi banyak gerak.

Tapiii, dengan kedatangan Bi Ipah saat ini pun menghadirkan beberapa ancaman bagiku. Mungkin intensitas ngobrolku sama Emah akan berkurang, seperti yang sudah-sudah. Emah akan lebih sering berinteraksi dengan Bi Ipah dibandingkan denganku sedangkan aku sendiri akan lebih dekat lagi dengan Bi Ipah tentunya. Huallahualam..

Kalau ada Bibi di rumah, aku jadi lenggang pinggang udah kaya tuan putri yang apa-apa dilayani. Padahal niatnya ngga pingin kaya gitu, niatnya kalau pagi-pagi pingin ikut bantuin Bi Ipah, nyuci piring sendiri setiap selesai masak atau makan, bahkan nyuci baju pun sendiri aja. Toh aku kan anak perempuan, memang nantinya pun akan menjadi ibu bagi rumah tanggaku kelak. Amin. Itung-itung belajar tapi, Bi Ipah ini terlampau baik. Bilangnya bosen ngga ngapa-ngapain kalau udah ngga ada pekerjaan, kalau semuanya udah beres. Jadilah bajuku dicuci olehnya, dijemur hingga disetrika olehnya.

Aku tuh ngga enak Bi, jadi ngeberatin kerjaan Bi Ipah di rumah.

images

Oia sebenernya aku pingin cerita kalau masakan Bi Ipah itu enaaakkk banget, T.O.P deh pokoknya!

Terus sekarang aku jadi kangen Bu Alit deh di Buninagara. Masakan Bi Ipah ngingetin sih abisnya, sama enaknya dan barusan dengan luguhnya Bi Ipah n-g-e-g-o-r-e-n-g pizza,

“Abis ngga enak sih, ada bawang merah mentahnya, masih kerasa ‘kres kres’ pas dimakan.”

“Bawang bombay Bi..” kataku sambil melihat ekspresi Bi Ipah.

“Ia Bombay.” jelasnya lagi.

Udah gitu, Bi Ipah makan pizza pakai s-a-m-b-e-l   u-l-e-k,

“Enakan juga pakai ini, kalau itu ngga pedes.” sambil nunjuk saus sambal yang kemudian dibuka dan ikut dicampur bersama sambel ulek bikinannya.

“Enak Bi?” tanyaku sambil melihatnya makan.https://imsister.wordpress.com/wp-admin/post-new.php?post_type=post

“Enak, pedes..” Bi Ipah senyum semangat! 😀

Ya Allah nikmat banget ngeliat orang lain makan dengan nikmatnya, meski pizza Bi Ipah kini terasa seperti pastel yang digoreng kering hingga bunyi renyahnya bisa aku dengar dengan jelas.

Beginilah memang seharusnya manusia, tidak pantas mengeluhkan makanan apa yang ia makan. Meski sesederhana apa pun. itulah nikmat dari Allah yang diberikan kepada hambanya.

Makanya ya! Siapa pun kalau makan jangan sambil males-malesan, ngga boleh tuh nunjukin wajah ngga semangat di depan makanan. Makan yang lahap 😀

Picture source: unguideabandung.wordpress.com

Kangen dapur ‘hawu’ yang ada di rumah-rumah di Buninagara :’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s