Perubahan Dimulai dari Aksi Kecil (Mentoring)

Bandung, 02 Februari 2016

Gaes, kali ini aku hanya ingin menulis cerita pendek mengenai betapa pentingnya mentoring. Ya, lingkaran yang terdiri dari 7-12 orang ini merupakan lingkaran yang penuh dengan manfaat, nilai-nilai positif, dan pastinya mampu membawa perubahan bagi diri sendiri maupun oranglain, in syaa Allah.

Bagiku, mentoring merupakan salah satu sarana/media/fasilitas agar seseorang bisa menebar manfaat bagi oranglain. Dalam cangkupan yang kecil dulu aja ya, ya antar sesama teman di dalam kelompok mentoring yang maksimal 12 orang. Ada begitu banyak manfaat dari menjadi Kakak mentor yang bisa membagi ilmu, pengalaman, atau pun nasihat. Begitu juga sebagai Adik mentee yang tentunya bisa ikut menyampaikan ilmu, pengalaman, maupun hal-hal lainnya yang bisa menambah wawasan kita sebagai muslim yang berintelektual. Malah nih ya, yang namanya mentoring itu akan jauh lebih asik kalau semuanya ikut berpartisipasi atau berperan aktif, ngga usah malu-malu, nyembunyiin suara, berdiam diri, dan lain sebagainya. Kita kan sama-sama belajar dan ngga ada yang salah kok, malah kesalahan itu yang membuat kita pintar karena kita akan menemukan kebenarannya. Terus, kita kan mentoring berkumpul dengan sesama putri jadi malah harapannya bisa lebih terbuka, membahas hingga ke akar-akar atau mendalam, dan juga mengeksplor ilmu pengetahuan lainnya, sebanyak-banyaknya.

Bagiku pun, salah satu cara atau upaya untuk membuat perubahan besar ya pastinya dimulai dengan melakukan pergerakan-pergerakan kecil ya. Mentoring ini salah satu caranya! Kita ngga harus muluk-muluk terjun ke jalanan untuk melakukan hal ini-itu kok atau sampai harus memegang jabatan tinggi di bangku pemerintahan dulu. Kita masih mahasiswa, belum bisa juga menjadi dewan/wakil rakyat. Nah, makanya salah satu cara membuat perubahan itu ya dimulai dari berfikir. Mengikuti mentoring! Jadi ya berubahlah melalui aksi-aksi kecil yang mampu kita lakukan untuk sedikit demi sedikit membuat perubahan besar. Memulai perubahan dari diri kita sendiri dan mengajak saudari-saudari kita untuk juga memperbaiki diri, in syaa Allah, kalau seluruh rakyat Indonesia ikut mentoring kaya gini nih ya, wah keren banget deh!

Intinya sih aku cuma mau bilang kalau mentoring itu ngga rugi kok, malah banyak banget manfaatnya. Ikut mentoring sama aja kita membuat perubahan besar melalui aksi-aksi kecil yang nyata. Mentoring punya tujuan yang baik kok tapi kalau eksekusinya ada yang salah ya itu kembali lagi ke individunya. Hayo apa niat ikut mentoringmu?

Advertisements

3 thoughts on “Perubahan Dimulai dari Aksi Kecil (Mentoring)

    1. Mentoring itu kegiatan berkumpul 1 kelompok (7-12 orang), halaqoh/liqo, tapi biasa juga ada yang bilang kegiatan melingkar, membahas banyak hal dari agama, sosial, dlsb. Bisa juga tentang perkuliahan *kalau lagi kuliah sambil belajar baca Qur’an, intinya bersaudara agar bisa saling mengingatkan πŸ™‚

      Ada 1 orang mentor (Kakak pendamping) dan sisanya Adik-Adik mentee, ya begitulah, seru-rame..

      Salam kenal πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s